Giat Diklatsar dan Penempuhan Atribut PMR Wira Amara

PMR Wiwa Amara pangkalan SMAN 01 Sumberpucung di bawah naungan PMI cabang Kabupaten Malang melaksanakan Diklat Dasar tahunan yang berlangsung pada Sabtu, 27 November 2021, dengan nama kegiatan “Diklatsar dan Penempuhan Atribut PMR Wira Amara”.

Kegiatan diklat berlangsung pada pukul 06.00 – 13.45 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan yaitu 25 anak kelas XI. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan diklat tersebut dibuka dengan melakukan absensi kehadiran, check in, dan dilanjut dengan upacara pembukaan kegiatan diklat yang dipimpin oleh bapak Ahmad Sudana Faisal, S.Pd.I., selaku perwakilan dari SMAN 01 Sumberpucung.

Kegiatan diklat dilakukan di dalam ruangan/indoor. Dari kegiatan diklat dasar ini, anggota baru PMR mendapatkan 3 materi di antaranya adalah materi kepalangmerahan, materi Pertolongan Pertama (PP), dan materi kepemimpinan. Setelah diberikan materi, kakak-kakak PMR selaku panitia giat memberikan post test. Hal ini dilakukan untuk mengukur pemahaman anggota PMR mengenai hal-hal yang harus dipahami oleh seorang anggota PMR. Nilai-nilai yang dapatkan tidak terlalu baik, mengingat sebagian besar anggota PMR merupakan anggota baru dan belum banyak memiliki pengalaman. Tetapi, setelah melakukan diklat dasar ini, nilai yang didapat bisa sangat baik. Itu semua berkat materi yang disampaikan oleh kakak-kakak PMI perwakilan Kabupaten Malang selaku fasilitator pemberi materi.

Kegiatan diklat tetap berjalan lancar dan tetap sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Meskipun sebenarnya kegiatan ini menurut proker (program kerja) dilakukan sendiri-sendiri. Tetapi, susunan acara tetap sama hanya berbeda dari segi pelaksanaan dan meminimalisir kegiatan. 

“Kegiatan Diklatsar ini rutin dilaksanakan setiap tahun ketika ada anggota baru.” Tutur ibu Ayu Diah Dinda M.M., .A.Md.Keb., selaku pembina PMR.

Fitra Rismatul Auliya, yang merupakan anggota PMR Wira Amara menyampaikan harapannya dalam kegiatan ini, “Harapan dari kakak PMR kelas XII untuk anggota baru PMR yaitu, semoga menjadi PMR yang tangguh, disiplin terutama dalam segi etika, tanggung jawab, dan sopan santun.”

Kegiatan PMR ini berjalan dengan lancar karena kerja keras dan usaha dari ibu Dinda selaku Pembina, kak Rismatul selaku ketua PMR, kak Nur Laila Putri Lestari selaku ketua pelaksana, fasilitator kegiatan yakni kak Feri Adi Gunawan dan kak Dwi Ardiansyah, serta dibantu oleh 3 pemateri, yaitu kak Kholifatul Islamia sebagai pemateri Kepalangmerahan, kak Chilmi Adi Salam sebagai pemateri Pertolongan Pertama (PP), dan kak Luluk Wulandari sebagai pemateri Kepemimpinan. Selamat kepada para peserta, semoga selalu tulus mengemban misi kemanusiaan. (*Lokapers)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published.