Paskibra Sekolah (PASKO) Kirana Dewangga Sukses Gelar Diklat Anggota di Masa Pandemi

Walau masih dalam suasana pandemi, SMALOKA tetap produktif melaksanakan giat organisasi sekolah, salah satunya yakni diklat Paskibra Sekolah atau yang biasa disebut PASKO. Kegiatan pelatihan dan pendidikan atau diklat calon anggota Paskibra SMAN 01 Sumberpucung ini berjalan sangat lancar.  Kegiatan ini diadakan oleh pengurus PASKO pada hari Sabtu, 27 November 2021, yang dimulai pada pukul 06.30 hingga pukul 15.00 WIB di halaman SMAN 01 Sumberpucung.

Kegiatan pelatihan yang mengusung tema “Implementasi Jiwa Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan” ini diikuti oleh anggota PASKO khususnya kelas XI. Serangkaian acara yang ada yakni dimulai dari apel pagi, dilanjutkan dengan kegiatan outbound yang dilaksanakan di lapangan sekolah untuk menyegarkan pikiran peserta sebelum masuk ke materi. Setelah itu peserta diklat menerima materi sesuai dengan tema kegiatan yaitu seputar kepemimpinan dan wawasan kebangsaan. Selain itu kegiatan outbound  yang diikuti peserta yakni permainan keseimbangan, tali air hingga gerakan dasar militer untuk membekali fisik dan mental peserta.

Kegiatan diklat ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, dibuktikan dengan dibatasinya jumlah peserta dan dalam diklat tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Juga terdapat materi di luar kelas agar peserta lebih santai. Menurut ketua organisasi PASKO, Hanan Dias Syaifullah, kegiatan diklat ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan tiap tahun, namun karena terhalang pandemi kegiatan ini mulai dilaksanakan kembali. 

 “Sebelum adanya wabah corona, sebenarnya kegiatan diklat ini rutin diadakan setahun sekali untuk setiap angkatan. Hal ini bertujuan untuk menaikkan status Ca-PASKO menjadi PASKO, dan yang kedua untuk pemenuhan atribut.” Tutur Hanan Dias Syaifullah. 

Alvian Cahya, selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa persiapan acara sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum acara dimulai. Giat ini merupakan tantangan tersendiri untuk pengurus PASKO, karena bisa dibilang diklat ini yang pertama kali diselenggarakan oleh pengurus PASKO angkatan saat ini. Walau ditemui beberapa kendala seperti cuaca dan lainnya, namun dapat teratasi karena kekompakan panitia kegiatan.

Kegiatan pelatihan dasar dilaksanakan untuk memberikan bekal pada siswa, baik itu bekal pengetahuan, ketangkasan, keterampilan, hingga mental siswa agar generasi penerus bangsa adalah generasi emas yang tangkas, tangguh dan kuat. Kegiatan diklat diakhiri dengan apel penutup dan peserta pulang ke rumah masing-masing. Semoga kegiatan seperti ini terus menjadi budaya di sekolah kita dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. (*Lokapers)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published.