SMAN 01 SUMBERPUCUNG LAKSANAKAN SIMULASI ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) TAHUN 2021

Pada tahun ini pemerintah pertama kalinya akan melaksanakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) bagi seluruh sekolah mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK sederajat yang ada di Indonesia. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Simulasi ini hanya untuk sekolah yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda daring atau semi daring.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.  Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Pada hari ini, Rabu (25/8/2021) SMAN 01 Sumberpucung telah melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021. Simulasi ini dipandu oleh 1 proktor dan 1 teknisi yang dihadiri oleh 50 siswa kelas XI mulai pukul 07.00 hingga selesai. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 sesi di laboratorium komputer SMAN 01 Sumberpucung dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Asesmen Nasional ini sangat perlu dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Asesmen ini dirancang untuk dapat menghasilkan informasi yang akurat untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional akan menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu apakah pembelajaran yang dilaksanakan sudah merata ke semua murid atau belum.

Nama ANBK ini masih terdengar asing dikarenakan kegiatan ini masih terbilang baru. Sebelumnya kegiatan yang lebih familiar adalah UNBK, namun dua kegiatan ini adalah kegiatan yang berbeda. Perbedaannya terdapat pada jumlah peserta. UNBK dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas akhir untuk menentukan kelulusan, sedangkan ANBK dilaksanakan oleh 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Peserta ANBK adalah kelas XI / siswa kelas tengah yang ditentukan secara acak oleh Kemdikbud.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published.