Diklat Dewan Ambalan Mercubuana 2021/2022 SMAN 01 Sumberpucung

Salam pramuka..!! 

Pada  hari Sabtu, 27 November 2021 SMAN 01 Sumberpucung mengadakan pelantikan Ambalan Mercubuana. Kegiatan pelantikan ini merupakan salah satu kegiatan di SMAN 01 Sumberpucung yang menjadi agenda wajib setiap tahunnya. Tetapi untuk tahun 2020 kegiatan Pelantikan Ambalan Mercubuana ditiadakan karena lonjakan kasus covid-19. 

Acara ini berlangsung dari jam 06.30 hingga sore hari pada pukul 14.00, acara ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 10. Anggota DA adalah kelas XI dan XII serta beberapa tamu undangan dari Ambalan lain yang diundang oleh sekolah untuk menghadiri acara Pelantikan ini. 

Kegiatan ini sudah dipersiapkan oleh anggota DA selama 1 minggu sebelum kegiatan pelantikan dilaksanakan, sedangkan untuk siswa-siswi kelas X persiapannya dimulai pada hari Rabu tanggal 24 November 2021. Dalam mempersiapkan kegiatan ini ada beberapa anggota DA yang menginap di sekolah demi memastikan agar kegiatan pelantikan yang dilakukan bisa berjalan lancar.

Kegiatan pelantikan dimulai dengan check in, lalu dilanjut untuk upacara pembukaan. Setelah selesai upacara para peserta diarahkan untuk segera ke aula SMAN 01 Sumberpucung untuk kegiatan materi yang disampaikan oleh kakak-kakak Pembina. Materi yang disampaikan terkait sandi Ambalan Mercubuana, sejarah Mercubuana, filosofi Mercubuana, serta tentang Kepramukaan Penegak. Cara penyajian materi dari kakak-kakak pembina penuh semangat dan jelas sehingga para peserta yang mengikuti kegiatan sangat antusias. Kegiatan dilanjutkan dengan materi materi LBB dan sedikit outbound di lapangan utara SMAN 01 Sumberpucung dengan tetap menerapkan prokes secara ketat. Pada pukul 11.30 seluruh peserta diarahkan kembali menuju aula untuk melaksanakan sholat berjamaah, dan dilanjut oleh makan bersama di lapangan utara. Selanjutnya peserta pelantikan mempersiapkan diri dan anggota sangga untuk melakukan upacara penutupan.

Kegiatan pelantikan ini memiliki sedikit kemoloran waktu pada saat check in dikarenakan jumlah peserta yang banyak, meskipun begitu kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar dan tertib. Ada beberapa kendala yang terjadi selama kegiatan diklat ini berlangsung, seperti yang di ucapkan oleh kak Dewa selaku ketua pelaksana diklat DA dan kak Fedina selaku ketua organisasi DA sebagai berikut: 

Kendalanya ‘tuh karena banyak terjadi miskom, jadi kedepannya semoga komunikasinya lebih diperlancar lagi agar kendala-kendala seperti ini tidak terjadi lagi” ucap Kak Dewa.

Kendalanya juga ada pada krisis moral pada adik-adik peserta diklat, mungkin karena saat pandemi mereka jarang berkomunikasi dengan orang lain jadi yaa attitude mereka kepada yang lebih tua kurang baik, bahkan ada yang mencaci maki kakak panitia DA serta memalsukan tanda tangan orang tua” imbuh kak Fedina.

Dengan diadakannya diklat ini para peserta dan tamu undangan mendapatkan banyak wawasan baru seperti mengetahui arti logo dari DA Mercubuana dan sejarah DA Mercubuana. Dengan mengikuti kegiatan Pelantikan DA ini diharapkan siswa-siswi yang sudah dilantik menjadi pribadi yang lebih dewasa, dewasa dalam berbicara, bersikap serta bertindak, dan kedepannya semoga generasi SMALOKA semakin beretika. Selain itu semoga DA Mercubuana tambah jaya dan sukses serta para peserta yang dilantik menjadi lebih disiplin. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kegiatan DA tetap berlanjut tanpa ada kendala. (*Lokapers)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published.