Gelar Purnawiyata ke-26, SMA Negeri 1 Sumberpucung Berhasil Mengantarkan Peserta Didiknya ke Perguruan Tinggi Negeri

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumberpucung baru-baru ini telah menggelar acara Purnawiyata ke-26 di Aula Graha SMALOKA pada hari Sabtu (04/06/2022). Acara yang bertema “Wisudawan SMA Negeri 1 Sumberpucung Siap Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” ini dihadiri oleh seluruh warga SMA Negeri 1 Sumberpucung mulai Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, Komite Sekolah, hingga karyawan SMAN 1 Sumberpucung. Acara ini juga dihadiri oleh para tamu undangan diantaranya Pengawas SMA Negeri 1 Sumberpucung, Muspika Kecamatan Sumberpucung, Kepala SMP Negeri 1 dan 2 Sumberpucung, Kapolsek Sumberpucung, Kepala Desa Jatiguwi, dan Kepala Dusun Krajan Sumberpucung.

Sebanyak 426 wisudawan menghadiri acara purnawiyata yang dihelat satu tahun sekali ini. Acara ini dimulai pukul 07.30 WIB yang dibuka oleh MC Adelia Nia dari kelas XI IIS 1 dan Raditya Cahaya X IIS 3 dan disusul dengan masuknya para wisudawan ke dalam Aula Graha SMALOKA. Setelah itu dilanjutkan pembukaan tari oleh tim tari dari ekstrakurikuler tari SMA Negeri 1 Sumberpucung yang memimpin prosesi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan bapak/ibu guru memasuki aula. Acara selanjutnya yakni menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, “Mengheningkan Cipta”,“Mars SMAN 1 Sumberpucung”, dan “Hymne Guru” yang dibawakan dan diiringi oleh tim paduan suara Smaloka Voice dari ekstrakurikuler paduan suara SMA Negeri 1 Sumberpucung. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sari tilawah lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Hana Putri Nirmalasari dari kelas X MIPA 3 dan Fatin Hamamah dari kelas X MIPA 2.

Acara dilanjutkan oleh pembacaan surat keputusan kepala sekolah mengenai kelulusan SMAN 1 Sumberpucung tahun ajaran 2021-2022 oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum Bapak Yudi Antono, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa seluruh siswa telah lulus sesuai kriteria hingga 100%. Beliau juga menyampaikan prestasi-prestasi siswa dan kelulusan siswa ke perguruan tinggi.

“Siswa yang telah diterima SNMPTN tahun ini mencapai 11% namun demikian peminat SBMPTN, sekolah kedinasan, dan seleksi TNI/POLRI cukup tinggi, sehingga sekolah menyediakan bimbingan belajar untuk persiapan tes UTBK dan tes TNI/POLRI. Prestasi non-akademis dan akademis pada tahun ini telah meraih 36 kejuaraan, meningkat dari tahun sebelumnya. Dan juga banyak siswa yang telah diterima bekerja di PT. Terkenal di Jawa Timur. Kami tetap mengucapkan selamat berjuang untuk menghadapi masa depan.” ucap beliau.

Siswa yang lolos SNMPTN 2022 =

  1. Sharley Gita Dwi – XII BHS – UNEJ. Prodi Akuntansi.
  2. Clarisa Surya H.  – XII BHS – UNESA. Prodi Pend.Bhs dan Sastra Indo (KIP kuliah).
  3. Gabriel Mora D. – XII BHS – ISI Yogyakarta. Prodi Etnomusikologi
  4. Berlianda Elsya P. – XII IPS 1 – POLINEMA. Prodi D4 Manajemen Pemasaran.
  5. Ayu Sarifatul M. – XII IPS 1 – UNM. Prodi Ilmu Sejarah (KIP kuliah)
  6. Ahsana Dwi S. – XII IPA 3 – UIN. Prodi Fisika (KIP kuliah)
  7. Fedina Emi A.L – XII IPS 2 – UNESA. Prodi Sendratasik
  8. Maruly Aqmal Z. – XII IPA 2 – POlINEMA. Prodi Sistem Kelistrikan D4
  9. Naufal Abdy Nugroho – XII IPA 1 – POLINEMA. D3 Teknik listrik
  10. Afifatul  Miftaqul R – XII IPA 2 – PMDP POLKESMA. Prodi  D3 Rek. medis dan Inf. Kesehatan

Setelah sambutan dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, acara dilanjutkan oleh pengukuhan wisudawan oleh Kepala Sekolah kepada perwakilan wisudawan dari masing-masing bidang studi, diikuti oleh pemakaian gordon oleh seluruh wisudawan. Selanjutnya adalah sambutan dari kepala sekolah SMA Negeri 1 Sumberpucung, Bapak Drs. Sigit Umbar Purnomo, M.Pd yang menyampaikan banyak terimakasih terhadap para tamu undangan dan juga seluruh elemen yang terlibat dalam hari ini. Beliau juga berpesan kepada wali murid agar memilih perguruan tinggi yang tepat untuk putra-putrinya.

“Bapak dan Ibu sekalian perlu diketahui bahwa lulusan SMA adalah lulusan yang masih harus dikembangkan, mereka anak-anak yang harus ditempa lagi pada spesifikasi keilmuan tentunya pada perguruan tinggi, sekolah kedinasan, dan sebagainya. Oleh karena itu bapak/ibu sekalian, mulai hari ini harus cermat untuk memilih dan memilah mana perguruan tinggi yag sesuai dengan bakat dan minat anak. 3 tahun yang lalu putra-putri bapak/ibu sekalian dititipkan kepada kami sebagai hak untuk mendidik dan mengajar, hari ini kami kembalikan lagi ke pangkuan bapak ibu sekalian. Untuk anak-anakku selalu jaga nama baik kalian, orang tua kalian dan juga almamater kalian!” tutur bapak Drs. Sigit Umbar Purnomo, M.Pd.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh komite sekolah SMA Negeri 1 Sumberpucung, bapak H. Madasim. Beliau menyampaikan sedikit kesan dan pesan untuk SMA Negeri 1 Sumberpucung.

“Terimakasih untuk bapak dan ibu guru  dan sekolah yang sudah menamatkan anak-anak kita, kami yakin dan percaya tanpa kerja keras hal ini tidak akan tercapai.  Yang saya kagumi dan saya renungkan bahwa SMA Negeri 1 Sumberpucung mulai angkatan pertama sampai angkatan 26 semuanya lulus 100%, ini merupakan prestasi yang kami ketahui. Semoga SMA Negeri 1 dapat mempertahankan prestasinya untuk mencapai masa depan yang gemilang.” Tutur bapak H. Madasim.

Acara selanjutnya yakni penyerahan ijazah oleh bapak kepala sekolah dan wali kelas masing-masing kepada wisudawan mulai dari bidang Bahasa, MIPA, dan IIS prosesi ini diiringi oleh lantunan gamelan dan suara indah para sinden dari siswi SMA N 1 Sumberpucung yang dibawakan oleh ekstrakurikuler karawitan sekolah. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari Smaloka’s Voice yang membawakan lagu You Raise Me Up. Kemudian disusul dengan pembacaan panca prasetya yang dipimpin oleh Zevanta Dian P dari kelas XII MIPA 4 diikuti oleh seluruh wisudawan. Selanjutnya yakni sambutan dari wisudawan oleh Mutiara Pasca Nanasnya dari kelas XII IIS 2.

“Sekian lamanya kami kita telah menimba ilmu disini, kami belajar berdiskusi serta mengabdi demi menjunjung visi dan misi sekolah tercinta ini. Semuanya dilakukan untuk menjaga marwah SMAN 1 Sumberpucung. Izinkan saya mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh pihak yang telah membantu kami melewati lika-liku perjalanan ini. Kepada bapak/ibu guru serta seluruh staff  yang memberikan kami berbagai ilmu pengetahuan dan pembelajaran. Terimakasih setulus-tulusnya atas pengalaman yang kami dapat.” Ungkap Mutiara.

Sambutan dilanjutkan oleh Pengawas SMA Negeri 1 Sumberpucung yang merupakan perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Malang, bapak Drs. Muhammad Nur Salim, M.Pd yang sedikit menyampaikan pesan kepada wisudawan.

“Bagi para wisudawan yang merasa bahagia pada kali ini, yang perlu dipikirkan adalah tindak lanjut bagaimana kita menindaklanjuti sesuatu yang kita pilih ini. Yang jelas, bapak/ibu guru serta sekolah mempunyai peran yang sangat penting bagi wisudawan karena telah memberikan bekal berupa ilmu yang nantinya akan sangat berguna di kemudian hari. Kita juga harus bisa menjadi pemimpin bangsa yang unggul serta mempunyai karakter yang bagus. Maka dari itu dukungan orang tua sangat penting bagi anak-anak. Semoga bapak/ibu wali murid diberikan kekuatan fisik dan mental, agar selalu bisa mendukung anak-anak sekalian.” Tutur Bapak Drs. Muhammad Nur Salim, M.Pd.

Acara dilanjutkan dengan doa yang disampaikan oleh bapak M. Aminudin Z, S.Pd.I dan diakhiri oleh penutupan upacara akademik oleh kepala sekolah dan diakhiri dengan sesi foto bersama.  Dengan diakhirinya acara Purnawiyata ke-26 SMA Negeri 1 Sumberpucung, maka resmilah para wisudawan menjadi alumni SMA Negeri 1 Sumberpucung yang telah menyelesaikan masa studinya 3 tahun di sekolah ini. Masa suka dan duka semoga akan selalu terkenang di hati dan tetaplah menjaga nama baik almamater sekolah. Semoga para wisudawan semakin sukses dimanapun dan bagaimanapun jalannya kelak. (*Lokapers)

ALBUM WISUDA

LIVE STREAMING YOUTUBE

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published.